Apa Itu Kecanduan Video Game?

Video Game Addiction Statistics | The Recovery VillageKecanduan video game adalah kondisi kesehatan mental nyata yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia mengenalinya sebagai “Gangguan Permainan” dalam Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD-11) mereka sebagai “pola perilaku permainan yang terus-menerus atau berulang, yang mungkin online atau offline, yang dimanifestasikan oleh gangguan kontrol atas permainan, meningkatkan prioritas yang diberikan untuk bermain game sejauh game didahulukan dari minat hidup lainnya dan aktivitas sehari-hari serta kelanjutan atau eskalasi game meskipun terdapat konsekuensi negatif. ”

Meski milyaran orang bermain video game, mayoritas dari mereka tidak memiliki kecanduan game, dan Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan jumlah orang yang kecanduan adalah 3-4%. Perbedaan antara hobi bermain game yang sehat dan kecanduan adalah dampak negatif dari aktivitas tersebut dalam hidup Anda.

Biasanya pecandu game akan memiliki tingkat keparahan yang mengakibatkan “gangguan signifikan dalam area fungsi pribadi, keluarga, sosial, pendidikan, pekerjaan, atau penting lainnya”, dan pola perilaku game “biasanya terbukti selama periode setidaknya 12 tahun. berbulan-bulan untuk menegakkan diagnosis, meskipun durasi yang diperlukan dapat dipersingkat jika semua persyaratan diagnostik terpenuhi dan gejalanya parah. ”

Apa Penyebab Kecanduan Bermain Game?

Video game dirancang untuk membuat Anda ketagihan menggunakan psikologi perilaku yang canggih untuk membuat Anda ketagihan. Game adalah pengalaman imersif yang memberi Anda dopamin dalam jumlah tinggi, dan paparan berlebihan pada tingkat rangsangan ini dapat menyebabkan perubahan struktural pada otak Anda.

Anda mulai hidup di dunia di mana Anda mengharapkan kepuasan instan . Game begitu imersif sehingga mudah dimainkan selama berjam-jam bahkan tanpa menyadarinya satu menit telah berlalu. Mereka memungkinkan Anda untuk melarikan diri dan melihat kemajuan yang terukur. Mereka bersifat sosial dan menciptakan lingkungan di mana Anda merasa aman dan terkendali.

Pengembang game pada keluaran game terbaru juga menerapkan fitur desain game manipulatif seperti pembelian dalam aplikasi, transaksi mikro, dan kotak jarahan yang oleh beberapa pemerintah dinyatakan ilegal – karena itu adalah bentuk perjudian. Kecanduan game muncul karena perusahaan game adalah industri bernilai miliaran dolar dan semakin banyak orang yang kecanduan game, semakin banyak uang yang mereka hasilkan.

Apa Tanda Peringatannya?

American Psychiatric Association telah mengidentifikasi sembilan tanda peringatan yang harus diperhatikan ketika mengenali gangguan permainan. Meskipun ini dapat membantu untuk lebih memahami parahnya situasi Anda, penting untuk selalu meminta nasihat dari seorang profesional.

  1. Keasyikan dengan video game . Individu berpikir tentang aktivitas game sebelumnya atau mengantisipasi bermain game berikutnya; Bermain game menjadi aktivitas dominan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Gejala penarikan saat bermain game dihapus. Gejala-gejala ini biasanya digambarkan sebagai sifat mudah marah, cemas, bosan, ngidam, atau sedih.
  3. Toleransi – kebutuhan untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk terlibat dalam permainan video. Hal ini mungkin dimotivasi oleh kebutuhan untuk menyelesaikan tujuan yang semakin rumit, memakan waktu, atau sulit untuk mencapai kepuasan dan / atau mengurangi ketakutan akan ketinggalan.
  4. Upaya tidak berhasil untuk mengontrol partisipasi dalam permainan video.
  5. Kehilangan minat pada hobi  dan hiburan sebelumnya sebagai akibat dari, dan dengan pengecualian, video game.
  6. Penggunaan game yang berlebihan secara terus menerus meskipun telah mengetahui masalah psikososial. Individu terus bermain meski ada dampak negatif.
  7. Telah menipu  anggota keluarga, terapis, atau orang lain terkait permainan mereka.
  8. Penggunaan video game untuk melepaskan diri atau menghilangkan suasana hati yang negatif  (misalnya, perasaan tidak berdaya, bersalah, cemas).
  9. Telah membahayakan atau kehilangan peluang hubungan , pekerjaan, pendidikan, atau karier yang signifikan karena partisipasi dalam video game.

Jika Anda memenuhi lima (atau lebih) dari tanda peringatan berikut dalam periode 12 bulan, Anda mungkin mengalami kecanduan dan harus segera mencari bantuan profesional.

Pengaruh Kecanduan Video Game

Kecanduan game adalah gangguan kesehatan mental kompulsif yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada hidup seseorang. Merupakan hal yang umum bagi pecandu video game untuk menghabiskan lebih dari 10 jam sehari bermain game, biasanya hingga malam hari, dan banyak yang menderita kurang tidur. Tenggelam dalam pengalaman mereka, para gamer dikenal memiliki pola makan yang buruk terutama yang terdiri dari minuman berenergi penuh kafein dan gula. Banyak yang mengalami dehidrasi dan kekurangan gizi.

Dalam kasus yang lebih parah, pecandu game melaporkan agorafobia – sejenis gangguan kecemasan di mana mereka takut meninggalkan rumah – dan orang lain mengidentifikasi dengan hikikomori – istilah yang dipopulerkan di Jepang sebagai remaja tertutup atau orang dewasa yang menarik diri dari kehidupan sosial.

Pecandu game cenderung murung dan mudah tersinggung, depresi, agresif secara fisik, dan menolak pergi ke sekolah atau bekerja karena bermain game. Kecanduan game berarti mengalami gangguan fungsi di berbagai area kehidupan Anda, dan efek jangka panjangnya bisa menghancurkan. Pecandu game gagal lulus kuliah. Mereka bercerai. Dan mereka bergumul dengan pengangguran.

Kecanduan atau Masalah Kesehatan Mental yang Mendasari?

Dalam perdebatan seputar kecanduan video game, Anda sering mendengar keberatan bahwa game lebih dipahami sebagai mekanisme koping untuk masalah kesehatan mental yang mendasari seperti kecemasan, depresi, atau attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD), dan bukan gangguan tersendiri. Baik. Apakah ini benar?

Tidak. Di bidang kecanduan secara luas ditetapkan bahwa komorbiditas – kehadiran dua penyakit atau kondisi kronis secara bersamaan pada pasien – adalah umum, dan gangguan permainan tidak terkecuali . Bagi sebagian orang, bermain game secara berlebihan akan menjadi bentuk mengatasi kondisi lain dan dapat berkembang menjadi kecanduan game , sebanding dengan perilaku gangguan terkait zat, dan untuk orang lain bermain game secara berlebihan akan menyebabkan gangguan.

Apakah permainan bermasalah datang lebih dulu, atau sebagai hasil dari masalah kesehatan mental yang mendasari, tujuan terapeutik harus mencakup pengobatan gangguan permainan itu sendiri karena gangguan ini dapat menjadi agen yang mendasari gangguan fungsional, dan pengobatannya mungkin merupakan prasyarat untuk pengobatan komorbid yang efektif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *